Selasa, 24 Oktober 2017

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PHBS DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DAN CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN SISWA SD NEGERI LIMPAKUWUS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Polteknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2017
Abstrak
Annisa Nurhidayati (nurhidayatiannisa97@gmail.com )
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PHBS DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DAN CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN SISWA SD NEGERI LIMPAKUWUS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017
xvi + 110 Halaman :Gambar, tabel, lampiran

Menurut data PHBS tatanan Institusi Pendidikan Sekolah Dasar Tahun 2016 dari Puskesmas Sumbang 1 dan Puskesmas Sumbang 2, jumlah nilai terendah terdapat di SDN Limpakuwus. Berdasarkan kuisioner yang didapat Puskesmas Sumbang 2 mengenai data PHBS di SDN Limpakuwus, tidak terdapat dokter kecil 
atau kader kesehatan, terdapat siswa yang merokok, tidak terdapat gerakan PSN dengan 3M, siswa tidak menjadi  anggota  Dana Sehat/JPK, serta tidak terdapat warung sekolah/kantin yang sehat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang PHBS dengan media permainan ular tangga dan ceramah terhadap peningkatan pengetahuan siswa SD Negeri Limpakuwus Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar SDN 1 Limpakuwus dan SDN 2 Limpakuwus Kabupaten Banyumas. Sampel dalam penelitian berjumlah 40 siswa, dengan 20 siswa kelas IV SDN 1 Limpakuwus yang mendapatkan pendidikan kesehatan dengan media permainan ular tangga serta 20 siswa kelas IV SDN 2 Limpakuwus yang mendapatkan pendidikan kesehatan dengan ceramah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t berpasangan pada kelompok perlakuan 1 dengan menggunakan media ular tangga didapatkan hasil nilai p 0,000< 0,005 yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara nilai pretest dan posttest pada kelompok perlakuan 1. Sedangkan pada kelompok perlakuan 2 dengan ceramah didapatkan hasil bahwa nilai p 0,513 > 0,005 yang berarti tidak ada perbedaan bermakna antara nilai pretest dan posttest pada kelompok perlakuan 2. Hasil uji t tidak berpasangan antara kelompok media ular tangga dan ceramah didapatkan hasil nilai p 0,000 < 0,005.Artinya bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok perlakuan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang PHBS dengan media permainan ular tangga, namun tidak terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang PHBS dengan cermah. Peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat mengontrol variabel pengganggu secara ketat yang meliputi waktu penelitian yang sama dan jarak waktu pretest-posttest yang sama.

Daftar bacaan : 29 (2007-2014)
Kata Kunci     : Pendidikan Kesehatan, Ular Tangga 
Klasifikasi       :-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar