Senin, 30 Oktober 2017

PEMANFAATAN AIR BUANGAN AIR CONDITIONER (AC) SEBAGAI AIR BERSIH DI KAMPUS 7 POLTEKKES KEMENKES SEMARANG TAHUN 2017

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Progam Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, 10 Juli 2017
Abstrak
TISWAN (tiswan026@gmail.com)
PEMANFAATAN AIR BUANGAN AIR CONDITIONER (AC) SEBAGAI AIR BERSIH DI KAMPUS 7 POLTEKKES KEMENKES SEMARANG TAHUN 2017
XVII + 64 halaman: gambar, tabel, lampiran

Pemanasan global juga menyebabkan perubahan suhu yang cenderung naik yang diakibatkan oleh emisi CO2. Untuk mengantisipasi pemanasan global dengan pengembangan teknologi pada zaman modern ini manusia menciptakan alat pendingin ruangan yang disebut Air Conditioner (AC). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jumlah air buangan Air Conditioner (AC) dalam kurun waktu 30 menit dan mengetahui kualitas fisik dan mikrobiologi air buangan Air Conditioner (AC). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan evaluasi Ada beberapa parameter yang diukur antara lain: kualitas fisik dan mikrobiologi air buangan Air Conditioner (AC). Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, pengumpulan, dan dokumentasi. Data disajikan dalam bentuk tabel, gambar dan lampiran.  
Hasil penghitungan replikasi pengukuran debit air buangan Air Conditioner (AC) dengan spesifikasi Air Conditioner (AC) 1 PK=5,42 liter dan 2 PK=18,64 liter. Untuk pemeriksaan kualitas fisik dan mikrobiologi dari spesifikasi Air Conditioner (AC) 1 PK dan 2 PK sudah memenuhi syarat berdasarkan Permenkes RI No. 32 tahun 2017. Peneliti menyimpulkan dari hasil pemeriksaan
kualitas fisik dan mikrobiologi menurut Permenkes RI No.32 tahun 2017 sudah memenuhi syarat. Saran yang dapat diberikan adalah Sebaiknya air buangan Air Conditioner (AC) ditampung untuk digunakan sebagai air bersih untuk masyarakat yang bermukim pada daerah sulit air. Air buangan Air Conditioner (AC) dapat digunakan sebagai air bersih untuk memenuhi kebutuhan cuci dan menyiram tanaman.

Daftar Bacaan : 27 (1990-2017)
Kata Kunci     : Air Conditioner (AC), air buangan, PK, Kesehatan Lingkungan
Klasifikasi      : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar