Rabu, 25 Oktober 2017

EVALUASI PELAKSANAAN BASIC HOUSEKEEPING PADA RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG TAHUN 2017


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2017
Abstrak
Nur Hikmawati (nurhikma697@gmail.com)
EVALUASI PELAKSANAAN BASIC HOUSEKEEPING PADA RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG TAHUN 2017
XV+110 halaman, tabel, gambar, lampiran

Housekeeping adalah salah satu bagian yang menangani hal – hal yang berkaitan dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan dan kesehatan seluruh kamar, juga area – area umum lainnya. Pemeriksaan angka kuman pada lantai ruang Barokah Mei 2016 sebesar 58 CFU/cm2, toilet ruang Barokah 
bau. Tujuan penelitian ini adalah evaluasi pelaksanaan basic housekeeping. Metode penelitian ini adalah penelitian Observasional menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian ini adalah ruang rawat inap Inayah dan ruang rawat inap Barokah. Pengumpulan data menggunakan studi dokumen, observasi, wawancara dan pemeriksaan.
Hasil pemeriksaan angka kuman pada handle pintu kamar observasi pada ruang rawat inap Barokah sebesar 19 CFU/cm2, pada lantai ruang rawat inap Inayah kamar nomor 21 sebesar 31 CFU/cm2. Pelaksanaan dusting sudah sesuai dengan standar prosedur operasional, namun pelaksanaan dusting pada handle pintu tidak dilakukan pada setiap shift. Pelaksanaan dry mopping dengan lobby duster di  ruang  Inayah  sudah  sesuai  dengan  standar  prosedur  operasional, di ruang Barokah menggunakan nylon broom. Pelaksanaan damp mopping dengan kentucky mop belum sesuai dengan standar prosedur operasional karena petugas tidak memasang warning sign. Pelaksanaan glass cleaning pada ruang Inayah dan Barokah tidak dilakukan secara rutin. Pelaksanaan toilet cleaning belum sesuai dengan standar prosedur operasional, karena petugas membiarkan chemical kurang dari lima menit. Tidak dilaksanakan kegiatan wet and dry vacuuming, karena hanya dilakukan pada ruangan yang terdapat karpet. Tidak dilaksanakan kegiatan scrubbing, karena kotoran dan noda sudah hilang melalui kegiatan dry and damp mopping. Tidak dilaksanakan kegiatan stripping and coating lantai vynil, karena hanya dilakukan pada permukaan lantai vynil.
Kesimpulan penelitian adalah pelaksanaan basic housekeeping yang sudah dilaksanakan sesuai dengan standar prosedur operasional yaitu : dusting, dry mopping dengan lobby duster dan glass cleaning. Peneliti menyarankan supaya kegiatan damp mopping dengan kentucky mop dan toilet cleaning dilakukan sesuai dengan standar prosedur operasional.

Daftar bacaan       : 23 ( 1988 - 2016 )
Kata kunci            : Basic Housekeeping, Rumah Sakit, Kesehatan Lingkungan 
Klasifikasi             : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar