Senin, 30 Oktober 2017

EFEKTIVITAS PERASAN DAUN JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) TERHADAP KEMATIAN LARVA Aedes aegypti INSTAR III DI LABORATORIUM LOKA LITBANG P2B2 CIAMIS JAWA BARAT TAHUN 2017

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2017
Abstrak
Ratu Monica (ratumonica90@gmail.com)
EFEKTIVITAS PERASAN DAUN JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) TERHADAP KEMATIAN LARVA Aedes aegypti INSTAR III DI LABORATORIUM LOKA LITBANG P2B2 CIAMIS JAWA BARAT TAHUN 2017
XVII + 68 Halaman: Gambar, table, lampiran

Demam Berdarah Dengue adalah penyakit menular disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Salah satu pengendalian vektornya yaitu dengan membunuh larvanya. Cara yang dapat digunakan secara alami yaitu menggunakan perasan daun jeruk nipis yang mengandung bahan beracun yang disebut limonoida, maka dapat berfungsi sebagai larvasida. Tujuan penelitian ini adalah menghitung kematian larva Aedes aegypti akibat penggunaan konsentrasi perasan daun jeruk nipis,mengetahui konsentrasi yang efektif dari perasan daun Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia)yang dapat mematikan larva Aedesaegypti.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu). Analisis statistik yang digunakan Anova one way dengan uji lanjut LSD (Least Significant Difference) dan uji Probit.
Hasil Penelitian kematian Larva Aedes aegypti konsentrasi 10% dapat membunuh larva 14,66%, pada konsentrasi 20 % dapat membunuh larva 38,66%, dan pada konsentrasi 30 % dapat membunuh larva 70,66 %.Konsentrasi perasan daun jeruk nipis yang diteliti hanya dapat membunuh larva dengan prosentase paling tinggi yaitu 70,66%. Jadi, dari berbagai konsentrasi yang diteliti tidak ada yang efektif, karena Standar Pengujian Efikasi Pestisida konsentrasi yang efektif > 90%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah perasan daun jeruk nipis mampu membunuh larva 70,66% dengan konsentrasi 30%. Direkomendasikan dapat membunuh 50% dari sampel larva Aedes aegypti adalah konsentrasi 23.499 % dan konsentrasi larvasida perasan daun jeruk nipis (Citrus aurantifolia) yang dapat membunuh 90% dari sampel larva Aedes aegypti adalah konsentrasi 37.466 %. Ada beda yang bermakna antara berbagai konsentrasi terhadap kematian larva Aedes aegypti. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menaikkan konsentrasi perasan daun jeruk nipis (Citrus aurantifolia) agar hasilnya lebih efektif.

Daftar bacaan : 26 (1987-2016)
Kata kunci      : Perasan Daun Jeruk Nipis, Larva Aedes aegypti
Klasifikasi      : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar