Jumat, 21 Oktober 2016

STUDI ANGKA KUMAN PADA HANDLE PINTU DI BAGIAN RUANG PERAWATAN MAWAR KELAS III RSUD

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kementrian Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2016

Abstrak
Indah Rakhmi Prafitri (Irakhmi@gmail.com)
STUDI ANGKA KUMAN PADA HANDLE PINTU DI BAGIAN RUANG PERAWATAN MAWAR KELAS III RSUD PROF. Dr. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO TAHUN 2016
xvi + 79 halaman : halaman, gambar, tabel, lampiran

Angka kuman adalah suatu mikroorganisme atau mikroba yang biasanya patogenik. Cara pemeriksaan angka kuman dengan metode usap handle pintu adalah dengan mengamati dan menghitung pertumbuhan koloni pada media PCA setelah di inkubasi selama 2x24 jam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui angka kuman handle pintu di Ruang Perawatan Mawar Kelas III RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Tahun 2016.
Metode penelitian ini adalah penelitian observasional dengan analisis deskriptif yaitu memeriksa angka kuman pada handle pintu ruang perawatan Mawar kelas III kemudian menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi adanya kuman pada handle pintu di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Tahun 2016.
Hasil pemeriksaan angka kuman pada handle pintu ruang kamar 6 1.632,5 kol/cm2, ruang kamar 7 900 kol/cm2, ruang kamar 8 632,5 kol/cm2, ruang isolasi 2 550 kol/cm2, ruang isolasi 3 647,5 kol/cm2. Sehingga didapatkan rata-rata angka kuman pada handle pintu 872,5 kol/cm2. Rata-rata suhu adalah 27,9oC, rata-rata kelembaban adalah 90,6 %, rata-rata pencahayaan adalah 363,64 lux, rata-rata orang yang menggunakan handle pintu adalah 5 orang/jam.
Kesimpulan penelitian adalah ruang perawatan mawar kelas III belum sepenuhnya memenuhi syarat dilihat dari kualitas fisik lingkungan. Peneliti menyarankan sebaiknya pihak rumah sakitmelakukan pembersihan terhadap handle pintu yang ada dirumah sakit menggunakan desinfektan dan memperhatikan kondisi lingkungan agar tetap bersih.

Daftarbacaan  : 18 (1988 - 2015)
Kata kunci      : Kuman, Handle
Klasifikasi       : -
Full text

Tidak ada komentar:

Posting Komentar